BO’LENG, MURNIATI and TEPAL, NATALIA (2019) PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA PADA KEJADIAN STROKE DI RUMAH SAKIT STELLA MARIS MAKASSAR. Undergraduate (S1) thesis, STIK STELLA MARIS.
|
Text
Natalia Tepal & Murniati Bo'leng.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Orang yang telah mengalami serangan stroke lebih mudah terkena serangan berulang dan dampaknya lebih parah dari serangan pertama namun tergantung dari pengetahuan dan sikap keluarga dalam pengambilan keputusan untuk proses pemulihan atau perawatan pasien stroke. Sehingga keluarga memiliki pengetahuan untuk mencegah stroke berulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan keluarga pada kejadian stroke serangan pertama dengan serangan berulang. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan comparative study. Populasi penelitian adalah keluarga pasien stroke serangan pertama dan serangan berulang di Rumah Sakit Stella Maris Makassar. Teknik pengambilan sampel adalah non-probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Jumlah sampel peneliti sebanyak 30 responden tiap kelompok terdiri dari 15 responden dengan pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Uji statistic yang digunakan adalah uji statistic Mann Whitney diperoleh nilai p = 0,004 dan α = 0,05 yang berarti p < α. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pengetahuan keluarga pada kejadian stroke serangan pertama dengan serangan berulang di Rumah Sakit Stella Maris Makassar. Diharapkan keluarga dapat memiliki pengetahuan dan sikap dalam pengambilan keputusan yang baik sehingga tidak terjadi serangan berulang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 616 Penyakit > 616.81 Penyakit pada Pembuluh yang Membawa Darah ke Otak |
Divisions : |
Prodi > Keperawatan |
Depositing User: | Skripsi Stikstella maris |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 01:14 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 01:14 |
URI: | http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/658 |
Actions (login required)
View Item |