KRISTINA NIKOLAS, ANGELINA and PARUMPA, ANJELI (2022) PENGARUH TERAPI BERMAIN ASSOSIATIF TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK AUTIS DI SLB KABUPATEN BANTAENG. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris Makassar.
|
Text
Bab1.pdf Download (442kB) | Preview |
|
Text
Bab2-6.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan interaksi sosial anak autis merupakan suatu gangguan pada perkembangan anak seperti gangguan interaksi sosial, kurangnya kontak mata, suka menyendiri, tidak mampu memahami aturan dalam lingkungan sosial dan hiperaktif. Untuk dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autis maka diberikan terapi bermain assosiatif menggunakan plastisin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi bermain assosiatif terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak autis. Jenis penelitian ini menggunakan desain pre experiment dengan pendekatan one group pretest–postest desain. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah anak penyandang autis di SLBN 1 Bantaeng dengan jumlah 30 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk mengukur kemampuan interaksi anak. Analisis data menggunakan uji paired-sampel t test dengan nilai kemaknaan α = 0,05, diperoleh nilai p = 0,000 yang menunjukkan nilai p < α, maka hipotesis Hα diterima dan Hₒ ditolak, yang berarti ada pengaruh terapi bermain assosiatif terhadap kemampuan interaksi sosial anak autis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terapi bermain assosiatif dengan menggunakan plastisin dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial interaksi sosial anak autis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Depositing User: | James Frederich Kurniajaya |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 01:12 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 01:12 |
URI: | http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/47 |
Actions (login required)
View Item |