MEISKE, FEBE and DIS, LITVINDA (2023) HUBUNGAN TERAPI MODALITAS OKUPASI DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI KECAMATAN MAMASA. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris Makassar.
|
Text
bab1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
full.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Terapi modalitas okupasi adalah salah satu terapi non farmakologi yang dapat meningkatkan kualitas hidup lansia dengan menurunkan kecemasan, dapat menyalurkan minat dan bakat, meningkatkan fungsi kognitif dan produktifitas lansia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan terapi modalitas dengan kualitas hidup lansia. Metode dalam penelitian ini adalah observasional analitik dengan Desain yang digunakan adalah Case Control Study. Pengambilan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan metode purposive sampling dengan jumlah 50 responden lansia. Pengukuran kualitas hidup dilakukan dengan menggunakan kuesioner WHOQOL-BREF. Hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square dan dilanjutkan dengan uji Rasio Odds untuk melihat resiko lansia yang mengikuti dan tidak mengikuti terapi modalitas. dengan tingkat signifikasi α = 0,05 diperole nilai ρ = 0,000 sehingga ρ < α yang berarti ada hubungan terapi modalitas dengan kualitas hidup lansia. Dan Nilai OR ditunjukkan dengan nilai Estimate 0,034 < 1, artinya : lansia yang mengikuti terapi modalitas okupasi kurang beresiko 0,034 mengalami penurunan kualitas hidup dari pada lansia yang tidak mengikuti terapi modalitas okupasi. Penelitian ini merekomendasikan terapi modalitas okupasi dapat menjadi salah satu pilihan dalam meningkatkan kualitas hidup bagi lansia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Keywords : | Kualitas Hidup; Lansia |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Depositing User: | James Frederich Kurniajaya |
Date Deposited: | 16 May 2023 00:57 |
Last Modified: | 16 May 2023 00:57 |
URI: | http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/257 |
Actions (login required)
View Item |