HUBUNGAN KESEHATAN MENTAL REMAJA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP KATOLIK RANTEPAO

TANGKE, YUNITA (2023) HUBUNGAN KESEHATAN MENTAL REMAJA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP KATOLIK RANTEPAO. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris Makassar.

[img]
Preview
Text
YUNITA TANGKE (C1914201111) .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesehatan mental dalam proses pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting, karena dengan mental yang sehat siswa akan memiliki rasa nyaman dan tenang sehingga bisa meningkatkan konsentrasi belajar dalam melaksanakan pembelajaran. Hasil belajar merupakan proses pembelajaran yang dijalani oleh siswa dan siswi yang dinilai setiap semester dimana hasil proses itu disebut nilai raport..Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kesehatan mental remaja dengan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study terhadap 81 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan pendekatan total sampling. Instrument yang digunakan ialah kuisioner kesehatan mental dan nilai raport untuk menilai hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji statistic chi square dengan nilai kemaknaan α=0,05. Didapatkan nilai p = 0,007 < α (0,05), yang menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan bahwa terdapat hubungan kesehatan mental remaja dengan hasil belajar siswa di SMP Katolik Rantepao. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada para orang tua dan pihak sekolah agar dapat memperhatikan kesehatan mental dan terus memberikan dukungan serta motivasi kepada remaja untuk terus meningkatkan prestasi belajar mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords : Kesehatan Mental Remaja; Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum

Divisions

:
Prodi > Keperawatan
Depositing User: James Frederich Kurniajaya
Date Deposited: 21 Jun 2024 00:52
Last Modified: 21 Jun 2024 00:57
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item View Item