IRENE LEWERISSA, SIGGI and RURA, TERAWANI (2021) PERBEDAAN PRESTASI MAHASISWA TERHADAP METODE PERKULIAHAN DARING DAN LURING DI STIK STELLA MARIS MAKASSAR. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris Makassar.
|
Text
bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
full.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perubahan pembelajaran luring menjadi daring disebabkan oleh wabah covid-19 yang mengharuskan pemerintah Indonesia menyusun strategi untuk memberlakukan physical distancing dan study from home untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Perkuliahan yang dulunya dilakukan secara luring diubah menjadi perkuliahan daring, sehingga berdampak pada indeks prestasi mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan prestasi mahasiswa terhadap metode perkuliahan daring dan luring di STIK Stella Maris Makassar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian observasional analitik yang tergolong dalam penelitian non-eksperimental. Pendekatan yang dilakukan adalah comparative study. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok daring sebanyak 93 orang dan kelompok luring sebanyak 103 orang. Hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan uji statistic mann whitney diperoleh nilai p sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan nilai p<0,05 artinya ada perbedaan prestasi mahasiswa terhadap metode perkuliahan daring dan luring di STIK Stella Maris Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IP mahasiswa pada perkuliahan luring lebih baik dari pada perkuliahan daring. Pembelajaran luring lebih baik untuk mengembangkan skill dan afektif dan pembelajaran daring baik digunakan untuk meningkatkan kognitif dan pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Keywords : | prestasi, perkuliahan daring, perkuliahan luring |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Depositing User: | James Frederich Kurniajaya |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 02:52 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 02:52 |
URI: | http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/215 |
Actions (login required)
View Item |