HUBUNGAN PENGETAHUAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN TINGKAT STRES ORANG TUA MENDAMPINGI ANAK SD DI KELURAHAN KUNJUNG MAE MAKASSAR

RANDUNG, GREGORIUS and FERDINANDUS, MARKUS (2021) HUBUNGAN PENGETAHUAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN TINGKAT STRES ORANG TUA MENDAMPINGI ANAK SD DI KELURAHAN KUNJUNG MAE MAKASSAR. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris Makassar.

[img] Text
full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada masa pandemi saat ini di dunia pendidikan melakukan kebijakan penutupan sekolah sementara. Proses pembelajaran dilakukan di rumah berlaku dari jenjang taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Metode pembelajaran yang dilakukan secara daring melibatkan peran serta orang tua terutama untuk menjadi fasilitator menggantikan guru disekolah, pengetahuan orang tua diperlukan dalam proses ini. kurangnya pengetahuan orang tua tentang proses pembelajaran daring sangat berpengaruh menimbulkan stres. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan tingkat stres orang tua selama mendampingi anak SD belajar di rumah. Jenis peneltian yaitu observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study. Pengambilan sampel secara non- probability sampling dengan pendekatan consecutive sampling pada 58 sampel yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner untuk pengetahuan dan stres menggunakan instrumen DASS. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan uji chi-square didapatkan hasil bahwa nilai p = (0,000) <  (0,05), hal ini menunjukkan ada hubungan pengetahuan dengan stres orang tua sehingga pengetahuan orang tua sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran daring anak usia sekolah pada masa pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords : Pengetahuan, Stres, orang tua, Pembelajaran Daring, dan Covid 19.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: James Frederich Kurniajaya
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:40
Last Modified: 01 Mar 2023 02:41
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item