HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DARING DENGAN STRES PADA MAHASISWA TINGKAT 1 STIK STELLA MARIS MAKASSAR DI MASA PANDEMI COVID- 19 MAKASSAR TAHUN 2021

STEFANI BALLATO, ERIKA and FAUTNGILJANAN, GLORIA A. (2021) HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DARING DENGAN STRES PADA MAHASISWA TINGKAT 1 STIK STELLA MARIS MAKASSAR DI MASA PANDEMI COVID- 19 MAKASSAR TAHUN 2021. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris Makassar.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

dilakukan dengan tidak bertatap muka langsung tetapi menggunakan platform dan beberapa media aplikasi yang dapat membantu proses belajar mengajar yang dilakukan secara daring/jarak jauh. Berbagai kendala yang dialami selama proses pembelajaran daring seperti tidak adanya jaringan internet/mengalami gangguan,kuota yang terbatas,dosen yang mengajar melewati waktu sehingga memakan banyak kuota, banyak tugas yang diberikan serta fasilitas yang tidak mendukung tersebut menyebabkan banyak mahasiswa mengalami stres. Stres merupakan reaksi tubuh yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menghadapi pembelajaran daring yang dapat menimbulkan tanda dan gejala berupa gangguan fisik,dan psikologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pembelajaran daring dengan stres pada mahasiswa tingkat 1 STIK Stella Maris Makassar di masa pandemi Covid- 19. Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimental dengan pendekatan observasional analitik dengan metode cross sectional study. Populasi pada penelitian adalah seluruh mahasiswa-mahasiswi STIK Stella Maris dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan teknik total sampling dan jumlah sampel 87 orang. Uji statistik yang digunakan adalah uji Non-Parametrik chi square dengan nilai kemaknaan α=0,05. Hasil penelitian dimana nilai ρ=0,001, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai ρ<α hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada hubungan antara metode pembelajaran daring dengan stres pada mahasiswa keperawatan tingkat 1 STIK stella Maris Makassar. Pembelajaran daring mempunyai efek atau pengaruh positif dan negatif sehingga modifikasi pembelajaran daring ini sangat diperlukan dalam upaya untuk mengurangi stres pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords : Pembelajaran daring, stres, pandemi
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: James Frederich Kurniajaya
Date Deposited: 27 Feb 2023 23:55
Last Modified: 27 Feb 2023 23:55
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item