PAEMBONAN, MEYLINDA and FIRGINIA KAMELIA KUMAYAS, YUNITA (2022) HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA-SISWI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 3 MAKASSAR. Undergraduate (S1) thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar.
|
Text
Bab1.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
full.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Self efficacy merupakan keyakinan seseorang dalam kemampuan untuk mengerjakan suatu tugas atau tindakan yang dilakukan dalam pencapaian hasil tertentu. Siswa yang memiliki efikasi diri positif akan mempengaruhi prestasi belajarnya. Prestasi belajar merupakan indikator keberhasilan penguasaan materi pendidikan oleh siswa, dinyatakan dalam bentuk poin yang diterima sesuai dengan hasil tes untuk sejumlah pelajaran tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan prestasi belajar pada siswa-siswi kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimental menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan pendekatan Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian 197 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan studi dokumentasi. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi Square dengan nilai kemaknaan α= 0,05 dan diperoleh nilai p= 0,00, hal ini menunjukkan bahwa nilai p < α artinya ada hubungan antara Self Efficacy dengan Prestasi Belajar pada siswa-siswi kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self efficacy berpengaruh pada prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Depositing User: | James Frederich Kurniajaya |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 02:24 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 02:24 |
URI: | http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/100 |
Actions (login required)
View Item |