HUBUNGAN ASERTIVITAS DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA DALAM MENYUSUN SKRIPSI DI STIK STELLA MARIS MAKASSAR

ODA, ANSELA and ASTUTI, RINI YUNI MARIA (2016) HUBUNGAN ASERTIVITAS DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA DALAM MENYUSUN SKRIPSI DI STIK STELLA MARIS MAKASSAR. Undergraduate (S1) thesis, STIK STELLA MARIS.

[img]
Preview
Text
ansela oda & rini yuni astuti.pdf

Download (721kB) | Preview

Abstract

Stres adalah suatu keadaan dimana beban yang dirasakan seseorang tidak sepadan dengan kemampuan untuk mengatasinya. Stres terbagi menjadi lima kategori tingkatan yaitu stres sangat ringan, stres ringan, stres sedang, stres berat, stres sangat berat. Dalam menghadapi stres mahasiswa membutuhkan kemampuan asertivitas dalam menurunkan tingkat stres yang dialami. Tujuan penelitian mengidentifikasi tingkat sertivitas, mengidentifikasi tingkat stres, serta menganalisis hubungan asertivita dengan tingkat stres pada mahasiswa dalam menyusun skripsi. Jenis penelitian yang digunakan observasi anlitik, sampel berjumlah 74 responden yang didapat menggunakan teknik simple random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dan data yang dikumpulkan dari responden menggunkan lembar kuesioner. Hasil penelitian uji statistik menggunakan uji korelasi somers’d. Berdasarkan perhitungan dioperoleh hasil analisis data menunjukan ada koefisien korelasi (r) sebesar -0,578 dengan p=0,000 (p<0,05) yang artinya terdapat korelasi negatif yang sangat signifikan antara asertivitas dengan tingkat stres. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa semakin tinggi asertivitas maka tingkat stres yang dimiliki akan semakin ringan, dan semakin redah asertivitas maka tingkat stres yang dimiliki semakin berat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 616 Penyakit > 616.89 Sakit Jiwa, Gangguan Kejiwaan, Kelainan Jiwa

Divisions

:
Prodi > Keperawatan
Depositing User: Skripsi Stikstella maris
Date Deposited: 02 Nov 2023 05:07
Last Modified: 02 Nov 2023 05:07
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/989

Actions (login required)

View Item View Item