PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (MEWARNAI) TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK/KB HARAPAN KELURAHAN BAROMBONG KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

TETURAN, MERRYLA R. JEANET and SEPTYANINGRUM, SEPTYANINGRUM (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (MEWARNAI) TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK/KB HARAPAN KELURAHAN BAROMBONG KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris.

[img]
Preview
Text
SEPTYANINGRUM (C1414201102) dan MERRYLA R. J. TETURAN (C1414201095).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahasa merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh manusia terutama bagi anak. Keterlambatan bahasa dapat menimbulkan berbagai masalah dalam proses belajar diusia sekolah. Anak yang mengalami keterlambatan bahasa berisiko mengalami kesulitan belajar, membaca, dan menulis dan akan menyebabkan pencapaian akademik yang kurang serta menyeluruh. Cara terbaik untuk mengatasi perkembangan bahasa dengan memberikan rangsangan atau stimulus, salah satunya yaitu penggunaan alat permainan edukatif buku mewarnai. Mewarnai merupakan suatu bentuk kegiatan kreativitas, dimana anak diajak untuk memberikan satu atau beberapa goresan warna pada suatu bentuk atau pola gambar, sehingga terciptalah sebuah kreasi seni yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak sesuai usia dan tingkat perkembangannya dan yang berguna untuk pengembangan aspek fisik, bahasa, kognitif, dan sosial anak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif mewarnai terhadap perubahan perkembangan bahasa pada anak pra sekolah. Desain penelitian yaitu pre-eksperimen dengan pendekatan one group pre-test – post-test design. Sampel dalam penelitian adalah anak di TK/KB Harapan Kabupaten Barombong Kecamatan Tamalate kota makassar sulawesi selatan sebanyak 22 orang. Pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan metode accidental sampling Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP) untuk mengetahui perkembangan bahasa anak sebelum dan setelah diberikan alat permainan edukatif dan analisa data menggunakan uji wilcoxon, dari uji tersebut diperoleh nilai p=0,000 (p< 0,05) hal ini menunjukkan bahwa p<α, maka hipotesis alernatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan alat permainan edukatif terhadap perubahan perkembangan bahasa pada anak pra sekolah di TK/KB Harapan Kabupaten Barombong Kecamatan Tamalate Kota Makassar Sulawesi Selatan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi institusi TK agar menambahkan jenis-jenis APE ke dalam sistem pembelajaran sekaligus hiburan dalam belajar sambil bermain yang dilakukan setiap hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 612 Fisiologi Manusia, Ilmu Faal, Anatomi dan Fisiologi Manusia > 612.65 Perkembangan Anak

Divisions

:
Prodi > Keperawatan
Depositing User: Skripsi Stikstella maris
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:34
Last Modified: 24 Oct 2023 07:34
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item