PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA STIK STELLA MARIS MAKASSAR

LIS, MARGARETA and ALLO, NOVRYANTI KIDING (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA STIK STELLA MARIS MAKASSAR. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris.

[img]
Preview
Text
MARGARETA LIS (C1414201035) dan NOVRYANTI KIDING ALLO (C1414201042).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan intelektual selama ini dianggap sebagai faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, Namun pada kenyataannya banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, salah satunya adalah kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa di STIK Stella Maris Makassar. Penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan metode stratified random sampling dengan jumlah populasi 197 dan jumlah sampel penelitian 130 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner untuk kecerdasan emosional dan data sekunder untuk prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Chi square dengan uji alternatif kolmogorov-smirnov diperoleh nilai p=0,000 dengan interprestasi nilai p < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak artinya ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 612 Fisiologi Manusia, Ilmu Faal, Anatomi dan Fisiologi Manusia > 612.8 Fungsi Syaraf dan Indera Perasa

Divisions

:
Prodi > Keperawatan
Depositing User: Skripsi Stikstella maris
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:29
Last Modified: 24 Oct 2023 06:29
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item View Item