HUBUNGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT CENTER LEARNING (SCL) DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT III S1 KEPERAWATAN STIK STELLA MARIS MAKASSAR

WARELLA, LANY M and ALVIONITA, LISA (2018) HUBUNGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT CENTER LEARNING (SCL) DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT III S1 KEPERAWATAN STIK STELLA MARIS MAKASSAR. Undergraduate (S1) thesis, STIK STELLA MARIS.

[img]
Preview
Text
sampul depan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Student centered learning (SCL) berperan penting dalam proses pembelajaran karena menempatkan mahasiswa sebagai peserta didik aktif, mandiri, bertanggung jawab dan berinisiatif untuk menggali dan menentukan sumber-sumber informasi untuk dapat menjawab pertanyaan serta mengembangkan pengetahuan berdasarkan sumber-sumber yang ditemukan. Dari proses pembelajaran mahasiswa akan termotivasi untuk belajar dan akan meningkatkan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penerapan metode pembelajaran student centre learning (SCL) dengan motivasi belajar dan tingkat prestasi belajar mahasiswa tingkat III S1 keperawatan STIK Stella Maris Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional analitik (non eksperimen) dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel penelitian sebanyak 50 responden mahasiswa tingkat III S1 keperawatan dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi square kemudian dilanjutkan dengan uji alternatif uji kolmogorov spirnov dengan nilai p=0,00 pada motivasi dan nilai p = 0,001 pada prestasi < nilai kemaknaan α = 0,05 yang artinya (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa ada hubungan antara penerapan metode belajar SCL dengan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa tingkat III S1 Keperawatan STIK Stella Maris Makassar dimana sebagian besar responden menunjukkan penerapan metode belajar SCL baik dengan motivasi belajar sedang dan mendapat indeks prestasi belajar sangat memuaskan. Berdasarkan penelitian ini diharapkan kepada dosen agar menggunakan metode pembelajaran yang membuat mahasiswa aktif seperti metode belajar SCL, sedangkan bagi mahasiswa diharapkan agar lebih aktif dan memiliki motivasi dalam proses pembelajaran demi mendapatkan hasil prestasi belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 612 Fisiologi Manusia, Ilmu Faal, Anatomi dan Fisiologi Manusia > 612.8 Fungsi Syaraf dan Indera Perasa

Divisions

:
Prodi > Keperawatan
Depositing User: Skripsi Stikstella maris
Date Deposited: 24 Oct 2023 04:02
Last Modified: 24 Oct 2023 04:02
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/700

Actions (login required)

View Item View Item