REBECCA, VALENCIA and LAWANG, VERONIKA (2019) ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP SELF-EFFICACY PADA REMAJA DI SMP FRATER MAKASSAR. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris.
|
Text
VALENCIA REBECCA & VERONIKA LAWANG.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pola asuh orang tua merupakan segala bentuk proses interaksi antara orang tua dan anak dalam keluarga yang memberikan pengaruh terhadap perkembangan kepribadian anak. Awal dari pertumbuhan self-efficacy dipusatkan pada orang tua, kemudian dipengaruhi oleh saudara kandung, teman sebaya dan lainnya. Self-efficacy merupakan keyakinan individu terhadap kemampuannya sendiri. Dalam hal ini orang tua dan anggota keluarga memiliki peranan penting dalam pembentukan self-efficacy pada remaja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan pola asuh orang tua terhadap self-efficacy pada remaja di SMP Frater. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Frater Makassar. Metode penelitian kuantitatif menggunakan desain cross sectional study dengan jumlah responden 108. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, yaitu Propotional Stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuisioner. Analisis data menggunakan SPSS for windows 24.0 dengan uji statistik yang digunakan adalah uji statistik kruskal-wallis dengan Post Hoc Mann-Whitney. Hasil uji sattistik kruskal-wallis yaitu pearson kruskal-wallis yang menunjukkan nilai p=0,000 dan α=0,05. Hal ini menunjukkan bahwa p<α, maka maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya ada perbedaan pola asuh orang tua terhadap self-efficacy di SMP Frater Makassar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 612 Fisiologi Manusia, Ilmu Faal, Anatomi dan Fisiologi Manusia > 612.8 Fungsi Syaraf dan Indera Perasa |
Divisions : |
Prodi > Keperawatan |
Depositing User: | Skripsi Stikstella maris |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 01:14 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 01:14 |
URI: | http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/659 |
Actions (login required)
View Item |