HUBUNGAN PERAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH DASAR KATOLIK MAMAJANG KOTA MAKASSAR

VIANEY, YOHANES MARIA and KEWUAN, YOSEP KUNA (2020) HUBUNGAN PERAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH DASAR KATOLIK MAMAJANG KOTA MAKASSAR. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YOSEP KUNA C1614201048 DAN YOHANES MARIA VIANNEY C1614201048 fiks.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kasus bullying saat ini menjadi masalah serius khususnya pada kelompok anak usia sekolah karena kejadiannya dapat merusak masa depan anak sebagai generasi penerus dan bahkan merenggut nyawa anak. Perilaku bullying dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya faktor dari dalam diri pelaku bully, diri korban, keluarga,media, sekolah, kondisi lingkungan, serta faktor peran kelompok teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran kelompok teman sebaya dengan perilaku bullying di Sekolah Dasar Katolik Mamajang Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian observasional analitik dan menggunakan desain cross sectional study dengan jumlah sampel 85 anak kelas V dan VI yang diambil dengan teknik Accidental sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan Uji Chi-Square dengan uji alternative Kolmogorov Smirnov dan diperoleh nilai p = 0,010 yang berarti p < α sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara peran kelompok teman sebaya dengan perilaku bullying pada anak usia sekolah dasar. Diharapkan pihak sekolah termasuk guru-guru memiliki peran serta dalam pengendalian bullying yang terjadi di sekolah dan pendampingan dari guru pada saat istirahat agar dapat mengurangi perilaku bullying di sekolah. Pendampingan orang dewasa ketika anak menggunakan media, terlebih ketika anak menonton juga sangat penting untuk mencegah perilaku bullying. Serta pentingnya peran serta orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak dengan pola asuh yang baik seperti pola asuh demokratif, agar anak tidak mudah terpengaruh oleh temannya, terlebih khusus dalam perilaku bullying.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 612 Fisiologi Manusia, Ilmu Faal, Anatomi dan Fisiologi Manusia > 612.65 Perkembangan Anak

Divisions

:
Prodi > Keperawatan
Depositing User: Skripsi Stikstella maris
Date Deposited: 23 Oct 2023 06:59
Last Modified: 23 Oct 2023 06:59
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item