HUBUNGAN ANTARA MEDIA SOSIAL DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMP NEGERI 1 TOMOHON

HURAT, VERAWATI SIBILIANA and KOROMPIS, VERENT VANDA NONTJE (2020) HUBUNGAN ANTARA MEDIA SOSIAL DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMP NEGERI 1 TOMOHON. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI VERAWATI Sibiliana Hurat C1814201191 & Verent Vanda Nontje Korompis C1814201192 (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media Sosial merupakan jaringan dunia Sosial dalam internet, yang memiliki hubungan relasi dan terkoneksi dengan individu lain. Penggunaan media sosial dengan intensitas waktu yang lama dan dengan cara yang salah dapat menimbulkan kegiatan negatif seperti melakukan bullying seperti menghina pengguna lain dengan komentar yang menyinggung perasaan pengguna lain. Teman sebaya adalah kelompok Sosial yang anggotanya terdiri dari orang yang memiliki usia sebaya cenderung terbentuk pada masa remaja, yang akan menimbulkan pengaruh terhadap perilaku remaja, semakin buruk pengaruh yang diberikan maka perilaku remaja akan semakin buruk salah satunya melakukan bullying dengan dukungan dari kelompok teman sebaya tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara media sosial dan kelompok teman sebaya dengan perilaku bullying pada remaja. Rancangan penelitian ini adalah non-eksperimental dengan observasional analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional study pada 291 responden. Pengambilan sampel secara accidental sampling. Instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil statistik menggunakan uji statistik chi square dengan tingkat signifikan a<0,05. Hasil uji statistic media sosial diperoleh nilai p = 1.000 sehingga nilai p>a menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara media sosial dengan perilaku bullying. Hasil uji statistic kelompok teman sebaya nilai p=0,002 sehingga nilai p<a hal ini menunjukkan ada hubungan antara kelompok teman sebaya dengan perilaku bullying. Diharapkan bagi siswa-siswi untuk lebih mengembangkan potensi belajar lewat media sosial, dan mengurangi penggunaan media sosial yang negatif sebagai pencegahan terjadinya perilaku bullying dengan dukungan dari pihak sekolah mempertahankan aturan larangan membawa gadget ke sekolah untuk meminimalkan waktu penggunaan media sosial para siswa, serta meningkatkan bimbingan konseling bagi siswa-siswi untuk memberikan contoh positif dalam membentuk kelompok teman sebaya dengan pengaruh yang baik, juga mempertegas aturan dan sanksi untuk mengurangi perilaku bullying kelompok teman sebaya disekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 612 Fisiologi Manusia, Ilmu Faal, Anatomi dan Fisiologi Manusia > 612.661 Masa Puber, Pubertas

Divisions

:
Prodi > Keperawatan
Depositing User: Skripsi Stikstella maris
Date Deposited: 23 Oct 2023 06:56
Last Modified: 23 Oct 2023 06:56
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item