PENGARUH TERAPI MENGGAMBAR DAN MEWARNAI TERHADAP FREKUENSI NADI ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUMAH SAKIT STELLA MARIS MAKASSAR

PARDI, REMIGIUS and SEPRIANCIS, SEPRIANCIS (2020) PENGARUH TERAPI MENGGAMBAR DAN MEWARNAI TERHADAP FREKUENSI NADI ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUMAH SAKIT STELLA MARIS MAKASSAR. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SEPRIANCIS DAN REMIGIUS PARDI 2020.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Terapi menggambar dan mewarnai mampu menurunkan stress dan kecemasan pada anak yang menjalani hospitalisasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh terapi menggambar dan mewarnai terhadap frekuensi nadi anak usia prasekolah akibat dampak hospitalisasi di Rumah Sakit Stella Maris Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian pre exsperiment design dengan pendekatan one group pre-test�post-test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pasien anak usia prasekolah (3- 6 tahun) yang dirawat di ruang anak Rumah Sakit Stella Maris Makassar dan teknik pengambilan sampel non probability sampling jenis purposive sampling dan jumlah sampel 22 responden. Pengumpulan data menggunakan pulse oximeter merk Choicemmed. Hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai p = 0,000. Menggambar dan mewarnai mampu menurunkan frekuensi nadi anak yang mengalami dampak hospitalisasi.Terapi bermain memberikan efek rileks pada anak karena aktivitasnya mengasyikan dan menarik bagi anak, warna itu sendiri juga mempunyai manfaat bagi orang yang melihatnya. Dengan demikian terapi menggambar dan mewarnai bisa dijadikan alternatif dalam menurunkan frekuensi nadi anak yang mengalami dampak hospitalisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 611 Anatomi Manusia, Biologi Sel, Biologi Jaringan > 611.1 Organ Kardiovaskular

Divisions

:
Prodi > Keperawatan
Depositing User: Skripsi Stikstella maris
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:46
Last Modified: 19 Oct 2023 02:46
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item