SUNDUNGLANGIQ, FINOLASARI and SULLE, ZINDY CLAUDYA (2020) HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DENGAN STATUS GIZI ANAK DI SDN 006 TABONE KECAMATAN SUMARORONG KABUPATEN MAMASA. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris.
|
Text
FINOLASARI SUNDUNGLANGIQ (C1614201014) & ZINDY CLAUDYA SULLE (C1614201100) .pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Status sosial ekonomi adalah kedudukan atau posisi seseorang dalam kelompok masyarakat yang ditentukan oleh jenis aktivitas ekonomi, pendapatan, tingkat pendidikan serta jenis pekerjaan. Status gizi adalah keadaan tubuh yang merupakan hasil akhir dari keseimbangan antara zat gizi yang masuk kedalam dan keluar tubuh. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan status sosial ekonomi keluarga dengan status gizi anak di SDN 006 Tabone Kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan observasionl analitik, menggunakan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4,5,dan 6 di SDN 006 Tabone berjumlah 102 responden. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah Non-probality sampling dengan pendekatan Purposive Sampling. Hasil pengumpulan data dianalisis menggunakan uji statistik chi-square yang dilanjutkan dengan uji alternative kolmogorov-smirnov dengan tingkat kemaknaan α = 0.05. Hasil analisis uji statistik didapatkan nilai ρ = 0.046 < α = 0,05 yang menunjukkan bahwa adanya hubungan sosial ekonomi keluarga dengan status gizi anak di SDN 006 Tabone Kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa. Hal ini berarti status gizi anak berhubungan erat dengan keadaan sosial ekonomi keluarga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 612 Fisiologi Manusia, Ilmu Faal, Anatomi dan Fisiologi Manusia > 612.3 Nutrisi, Ilmu Gizi |
Divisions : |
Prodi > Keperawatan |
Depositing User: | Skripsi Stikstella maris |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 01:38 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 01:38 |
URI: | http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/482 |
Actions (login required)
View Item |