PRANATA KADANG LEBANG, HELDA and MELLOLO, IMELDA (2023) HUBUNGAN SELF-CONTROL DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA DI SMKN 7 MAKASSAR. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris Makassar.
|
Text
Bab 1.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Perilaku Cyberbullying merupakan perilaku agresif dalam bentuk bullying atau perundungan yang dilakukan dengan menggunakan media elektronik seperti media sosial. Perilaku cyberbullying ini berdampak pada kalangan remaja. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat perilakucyberbullying pada remaja yaitu self-control. Remaja yang memiliki self- control tinggi akan lebih kecil kemungkinan melakukan atau mendapatkan perilaku cyberbullying sebaliknya remaja yang memiliki self-control rendah akan cenderung melakukan atau mendapatkan perilaku cyberbullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-control dengan perilaku cyberbullying pada remaja di Smkn 7 Makassar. Metode penelitian ini adalah observasional analitik dan menggunakan desain cross sectional study.Teknik pengambilan sampel dengan probability sampling dengan pendekatan propotional stratified random sampling, dengan jumlah sampel sebesar 217 remaja yang bersekolah di SMKN 7 Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunkan SPSS Versi 22 dengan uji statistic chi-square dengan tingkat kemaknaan (α=0,05). Hasil penelitian diperoleh nilai ρ=0,000 artinya nilai ρ<α dimaknai bahwa ada hubungan antara self- control dengan perilaku cyberbullying. Dapat disimpulkan bahwa remaja dengan self-control rendah cenderung mengalami perilaku cyberbullying.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Keywords : | Self-control, Perilaku cyberbullying, remaja |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Depositing User: | James Frederich Kurniajaya |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 00:17 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 00:17 |
URI: | http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/265 |
Actions (login required)
View Item |