EFEKTIVITAS TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK (TAK) STIMULASI PERSEPSI TERHADAP PENINGKATAN HARGA DIRI PADA REMAJA DENGAN HARGA DIRI RENDAH DI SMP NEGERI 1 MAKALE

ANTONIA DA SILVA, BRIGILDA and RI’PI, MERSYANTI (2023) EFEKTIVITAS TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK (TAK) STIMULASI PERSEPSI TERHADAP PENINGKATAN HARGA DIRI PADA REMAJA DENGAN HARGA DIRI RENDAH DI SMP NEGERI 1 MAKALE. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris Makassar.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Harga diri merupakan penilaian atau evaluasi diri terhadap diri sendiri baik secara positif maupun negatif, sebagai hasil dari interaksi individu terhadap lingkungan, yang dapat berupa penerimaan diri, penghargaan terhadap diri sendiri maupun respon lingkungan terhadap diri sendiri. Harga diri seseorang dapat berubah-ubah sepanjang hidupnya. Namun, pada umumnya harga diri dapat berubah pada masa remaja karena sedang dalam proses pencarian identitas diri. Kondisi ini membutuhkan stimulasi baik dari dalam diri sendiri maupun dari keluarga serta lingkungan sekitar, sehingga remaja dapat terhindar dari perilaku maladaptif. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis efektivitas Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) Stimulasi Persepsi terhadap peningkatan harga diri pada remaja dengan harga diri rendah di SMP Negeri 1 Makale. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasy Experiment Design dengan pendekatan equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan pendekatan consecutive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Makale yang berjumlah 60 orang. Instumen yang digunakan untuk mengukur variabel penelitian berupa keusioner Coopersmith Self-Esteem Inventory (CSEI). Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 24 menggunakan uji Kruskal-Wallis. Diperoleh hasil bahwa nilai ρ = 0,000 dan  = 0,05 sehingga ρ < , didukung juga oleh data bahwa pada intervensi TAK stimulasi persepsi yang mengalami peningkatan harga diri 12(60%) responden sedangkan TAK sosialisasi dan kontrol masing 4(20%) dan 0(0%) yang artinya Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) stimulasi persepsi efektif untuk meningkatkan harga diri pada remaja di SMP Negeri 1 Makale. Sehingga disarankan untuk menggunakan TAK Stimulasi persepsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords : Terapi Aktivitas Kelompok; Stimulasi Persepsi;
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: James Frederich Kurniajaya
Date Deposited: 12 May 2023 01:25
Last Modified: 12 May 2023 01:25
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item View Item