HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG COVID-19 DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DI TAMARUNANG INDAH 2

DALTON BEDA MELTYN, RONALDO (2021) HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG COVID-19 DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DI TAMARUNANG INDAH 2. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris Makassar.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 menciptakan sebuah histeria dan ketidakpastian secara massal. Kedua hal ini memunculkan infodemik dan ketakutan pada masyarakat khususnya anak sebagai salah satu populasi yang rentan. Hal tersebut menciptakan sebuah gangguan psikososial anak. Pada masa ini pengetahuan orang tua diharapkan mampu mengurangi masalah psikososial yang terjadi pada anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan orang tua tentang covid-19 dengan perkembangan psikososial anak usia sekolah di Tamarunang Indah 2, Sungguminasa. Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan Crossectional Study. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik nonprobability sampling khususnya consecutive sampling dengan ukuran sampel 40 responden yakni anak usia sekolah. Instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel penelitian berupa kuesioner tertutup. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 24 dan menggunakan uji statistik chi square. Diperoleh hasil bahwa nilai p = 0,002 dengan α = 0,05 sehingga p < α yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan orang tua tentang covid-19 dengan perkembangan psikososial anak usia sekolah di tamarunang indah 2 Sungguminasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords : Pengetahuan, Perkembangan Psikososial, Covid -19
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: James Frederich Kurniajaya
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:29
Last Modified: 02 Mar 2023 02:29
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item