HUBUNGAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING DENGAN KECEMASAN MAHASISWA STIK STELLA MARIS MAKASSAR

MARLIN, MARLIN and SUMARI, MEDELIN (2021) HUBUNGAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING DENGAN KECEMASAN MAHASISWA STIK STELLA MARIS MAKASSAR. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris Makassar.

[img] Text
full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring merupakan proses pembelajaran secara online tanpa tatap muka secara langsung antara dosen dan mahasiswa. Dalam proses pembelajaran daring tersebut sering terjadi beberapa kendala atau masalah yang dapat memicu kecemasan pada mahasiswa. Kecemasan adalah suatu keadaan khawatir yang mengeluhkan bahwa hal buruk akan segera terjadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara proses pembelajaran daring dengan kecemasan mahasiswa. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan Cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa STIK Stella Maris Makassar dengan jumlah sampel 75 responden dengan teknik probability sampling dengan pendekatan propotional stratified rondom sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner spiritual well being scale dan Kuesioner Zung Self-Ranting Anxiety Scale. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran daring efektif dengan kecemasan ringan sebanyak 26 (34,7%) responden, sistem pembelajaran daring tidak efektif dengan kategori tingkat kecemasan sedang sebanyak 24 (32%) responden, dan sistem pembelajaran daring tidak efektif dengan kategori tingkat kecemasan berat sebanyak 9 (12%). Analisa data menggunakan uji statistik Chi-square tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian diperoleh nilai p = 0,01. Hal ini menunjukka ada hubungan antara sistem pembelajaran daring dengan kecemasan Mahasiswa STIK Stella Maris Makassar. Kecemasan pada mahasiswa timbul karena berbagai faktor, salah satu faktor utama yang memicu kecemasan yaitu fasilitas yang tidak memadai dan akses internet yang terkadang tidak stabil. Kata Kunci : Pembelajaran daring, kecemasan mahasiswa. Referensi : 30 (2009-2020)

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords : Pembelajaran daring, kecemasan mahasiswa.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: James Frederich Kurniajaya
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:11
Last Modified: 01 Mar 2023 01:23
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item