HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA STIK STELLA MARIS MAKASSAR

FEBRIYANTI, FEBRIYANTI and FEBRIYANTI RAMPA, WINDA (2021) HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA STIK STELLA MARIS MAKASSAR. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris Makassar.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan sistem online dan merupakan hal baru bagi mahasiswa dan dosen sehingga membutuhkan waktu untuk beradaptasi, sehingga dapat membuat motivasi belajar mahasiswa menurun, untuk mempertahankan motivasi belajar mahasiswa, dengan cara menggunakan pembelajaran daring secara efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa STIK Stella Maris Makassar. Jenis penelitian ini penelitian non experimental dengan pendekatan desain cross sectional study. Populasi penelitian semua mahasiswa/i STIK Stella Maris Makassar dengan jumlah 436 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan consecutive sampling dengan jumlah 78 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan uji statistik chi square. Hasil penelitian diperoleh nilai p(0,02) < α(0,05) yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa STIK Stella Maris Makassar. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring dengan menggunakan media pembelajaran seperti google classroom, zoom dan whatsapp yang dilakukan secara efektif dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords : pembelajaran daring, motivasi belajar mahasiswa
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: James Frederich Kurniajaya
Date Deposited: 28 Feb 2023 00:10
Last Modified: 28 Feb 2023 00:10
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item View Item