HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN PERILAKU SELF HARM PADA REMAJADI SMK NEGERI 8 MAKASSAR

RESTUNINGTYAS, ADELIA PUTRI and SRININGSI, ASTIN (2025) HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN PERILAKU SELF HARM PADA REMAJADI SMK NEGERI 8 MAKASSAR. Undergraduate (S1) thesis, STIK Stella Maris Makassar.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Adelia & Astin Fix Pembukuan 1 - adelia putri (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perilaku self harm sering kali muncul dari tekanan emosional, yang diperparah oleh perjuangan remaja untuk mengatasi keadaan mereka. Siswa sekolah menengah dan kejuruan diidentifikasi sebagai kelompok yang sangat rentan selama fase transisi yang kritis ini, di mana mereka mengalami stres, kecemasan, dan ketidakstabilan emosional yang signifikan saat mereka mencari identitas dan membuat keputusan penting dalam hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecemasan dengan perilaku self harm pada remaja kelas X dan XI di SMK Negeri 8 Makassar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif Observasional Analitik dengan metode Cross Sectional Study. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling sebanyak 119 responden. Instrument yang digunakan kuisioner. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2024. Hasil Uji Statistic dengan menggunakan Uji Chi Square didapatkan bahwa ada hubungan signifikan antara kecemasan dengan perilaku self harm pada remaja kelas X dan XI di SMK Negeri 8 Makassar ρ = 0,00< α (0.05). Kesimpulannya kecemasan yang dapat dikontrol dapat mencegah perilaku melukai diri sendiri. Oleh karena itu, remaja diharapkan dapat memahami kecemasan dengan baik sehingga dapat menahan diri dari perilaku menyakiti diri sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords : Tingkat Kecemasan, Remaja, Perilaku Self Harm
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 610 Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan
Depositing User: Skripsi Stikstella maris
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:10
Last Modified: 20 Oct 2025 02:10
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/1377

Actions (login required)

View Item View Item