PENGALAMAN MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI

FINGKY MARSELA, NI PUTU and IRMA, RISMAWATI (2022) PENGALAMAN MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI. Undergraduate (S1) thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Protokol kesehatan adalah aturan atau ketentuan yang harus diikuti oleh semua pihak. Termasuk mahasiswa/mahasiswi kesehatan sebagai calon tenaga kesehatan yang menjadi role model, sekaligus memberikan edukasi ditengah-tengah masyarakat agar dapat beraktivitas secara aman pada saat pandemi. Tujuan Penelitian adalah untuk Mengeksplorasi pengalaman mahasiswa keperawatan dalam menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi. Rancangan penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi menggunakan wawancara mendalam sebagai metode pengumpulan data pada 7 partisipan pada mahasiswa keperawatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, uji keabsahan data menggunakan analisis tematik. Penelitian ini menghasilkan 5 tema yaitu perilaku mahasiswa keperawatan dalam penerapan protokol Kesehatan, peran mahasiswa keperawatan dalam memberikan edukasi dan sebagai role model, disiplin dalam menaati peraturan pemerintah dan kampus terkait pencegahan penularan covid- 19, dampak yang dialami dalam penerapan protokol kesehatan, kendala mahasiswa keperawatan dalam menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi. Dengan penelitian ini didapatkan hasil bahwa ketujuh partisipan mematuhi dan menerapkan serta mampu mengatasi dampak dan hambatan saat menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: James Frederich Kurniajaya
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:47
Last Modified: 23 Feb 2023 02:47
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/106

Actions (login required)

View Item View Item