Hubungan Pembelajaran Daring dengan Motivasi Belajar Mahasiswa STIK Stella Maris Makassar

Novia, Kristia and Febriyanti, Febriyanti and Rampa, Winda Febriyanti (2021) Hubungan Pembelajaran Daring dengan Motivasi Belajar Mahasiswa STIK Stella Maris Makassar. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4 (2). pp. 73-77. ISSN 2657-0548

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan sistem online dan merupakan hal baru bagi mahasiswa dan dosen sehingga membutuhkan waktu untuk beradaptasi, sehingga dapat membuat motivasi belajar mahasiswa menurun, untuk mempertahankan motivasi belajar mahasiswa, dengan cara menggunakan pembelajaran daring secara efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa STIK Stella Maris Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian non experimental dengan pendekatan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua mahasiswa/i STIK Stella Maris Makassar dengan jumlah 436 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan consecutive sampling dengan jumlah 78 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan uji statistik chi square. Hasil penelitian diperoleh nilai p < a yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa STIK Stella Maris Makassar. Oleh sebab itu, pembelajaran daring dengan menggunakan media pembelajaran seperti google classroom, zoom dan whatsapp yang dilakukan secara efektif dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Item Type: Article
Keywords : Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Era Pandemi, Covid 19
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 616 Penyakit > 616.858 Gangguan Kepribadian, Gangguan Intelektual, Tuna Grahita

Divisions

:
Jurnal Kampus
Depositing User: James Frederich Kurniajaya
Date Deposited: 13 Nov 2023 07:40
Last Modified: 13 Nov 2023 07:40
URI: http://repository.stikstellamarismks.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item